Panangian Simanungkalit Pengamat Properti, “Apartemen Memberikan Nilai Tambah Selain Memberikan Keuntungan, Karena Harga Properti Tak Pernah Turun …. “

Pengamat properti Panangian Simanungkalit dalam beberapa kali seminar maupun talkshow properti  selalu mengungkapkan, apartemen memberikan nilai tambah karena memberikan kemudahan dalam beraktifitas, nyaman, aman dan privasi. “Selain itu memberikan keuntungan, karena harga properti tak pernah turun dan juga dapat dijadikan pendapatan rutin jika disewakan,” jelasnya.

Beliaupun menjanjikan bahwa properti nilainya tak pernah turun, sama seperti investasi emas. Harga properti yang cenderung selalu naik merupakan nilai plus bagi para konsumen maupun investor yang ingin berinvestasi dibidang properti. Dalam hal ini apartemen adalah salah satu jenis dari properti selain rumah, tanah, ruko dan lainnya.

Nilai properti biasanya lebih bersifat sustainable. Bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Beda dengan saham yang harganya bisa jatuh hingga sampai nol. Beda dengan saham yang nilainya bisa jatuh sampai hampir nol. Dan hebatnya, kita tak pernah mendengar harga tanah atau properti nilainya ambruk bahkan turun setengah dari harga awalnya. Bahkan sebaliknya harga tanah kian hari kian melambung dan terus terkerek naik. Seperti harga unit apartemen secondary dengan ukuran 38m2 saat ini harganya Rp400 juta. Harga awal tipe ini saat pertama kali dipasarkan hanya Rp200 jutaan.

Panangian mengungkapkan, selain lokasi dan melihat konsep produk properti tersebut,  faktor lain yang juga harus diperhatikan adalah siapa developer yang mengembangkannya. Apakah sudah cukup dikenal atau pemain baru dalam industri properti. Tentunya developer yang sudah berpengalaman cita-rasa produknya akan berbeda dengan pendatang baru.

Tujuan investasi tentunya bermacam-macam. Ada yang untuk mengamankan uang mereka atau kekayaan mereka, juga bisa untuk di jual kembali pada jangka waktu tertentu dengan keuntungan yang besar.

Apalagi pertumbuhan kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan lainnya saat ini sangat cepat dikarenakan masyarakat tetap menuju kota besar untuk mencari nafkah. Nah, diasumsikan kebutuhan untuk tempat tinggal permintaannya sangat besar. Apalagi kebutuhan ini tak diikuti oleh ketersedian lahan atau tanah, mau tak mau konsep apartemen jadi pilihan. Merujuk hukum ekonomi, jika  supply tetap dan demand terus naik, maka harga akan ikut naik. Ini berarti selama demand untuk tanah atau properti naik, harga akan tetap naik.

Sumber : (HM KonsPro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-33311141-1